Prediksi RR Soal Resesi Ekonomi Mulai Terjadi


Perkiraan ekonom senior Rizal Ramli atau biasa disapa RR, akhir 2017 lalu soal kekhawatiran akan resesi ekonomi mulai terjadi.

Setidaknya hal itu tercermin dari survei Indeks Kepercayaan Konsumen Indonesia Kuartal IV 2017 yang diterbitkan Nielsen Indonesia di Jakarta pekan ini.

Dalam survei itu ditemukan bahwa kekhawatiran konsumen Indonesia terhadap kemungkinan resesi ekonomi mengalami peningkatan. 53 persen konsumen Indonesia berpendapat bahwa Indonesia akan mengalami resesi. angka itu naik dari kuartal sebelumnya yang menunjukkan angka 47 persen.

Hal itulah yang memicu konsumen melakukan langkah penghematan serta cenderung menaruh dana cadangan untuk menabung atau berinvestasi di produk keuangan.

Sejumlah isu yang menjadi kekhawatiran terbesar masyarakat antara lain, kondisi ekonomi, toleransi antar umat beragama, dan stabilitas politik. Sama seperti periode sebelumnya, isu kesejahteraan keluarga, terorisme, kriminal, kesehatan, dan pemanasan global masih menjadi bahan pembahasan.

Namun yang menarik, masyarakat memiliki kekhawatiran terhadap peningkatan biaya hidup seperti biaya listrik, gas, bahan bakar minyak, dan lainnya. Hal itu tak muncul pada periode sebelumnya.

RR sendiri dalam keterangannya kepada redaksi mengaku sedih dan prihatin dengan kecenderungan semacam ini.

"Sedih karena yg kuasa terlalu percara diri, nyaris sombong, tidak punya kemampuan antisipatif dan preventif," demikian RR. [opini-bangsa.com / rmol]

Subscribe to receive free email updates: