Saat Anies Berbincang dan Shalat Jumat Bersama Erdogan, Warganet: Gubernur Indonesia


 Setelah kunjungan ke Maroko, Gubernur DKI Anies Baswedan tiba di Turki untuk beberapa kegiatan. Dalam agenda pertama, Anies mendapat kehormatan diterima dan shalat bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Momen itu dibagikan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melalui media sosial Instagram dan Facebook, Jumat (20/4). Anies terkesan dengan sambutan ramah pemimpin Turki itu.

"Bertemu dan berbincang dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, lalu bersama-sama menunaikan shalat Jumat di Masjid Ayyub al-Anshari (Eyup Sultan)," tulis Anies.

"Presiden Erdogan mengajak saya shalat persis di sampingnya. Saya berdiri diapit beliau dan Menteri Energi Berat Albayrak di shaf terdepan," imbuh Anies.


Anies bercerita masjid itu dinamai dari salah seorang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al-Ansari yang juga dimakamkan di kompleks yang sama. Masjid itu dibangun tahun 1458, hanya lima tahun sesudah penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad al-Fatih.

"Semoga menjadi awalan yang baik bagi berbagai agenda kunjungan di Turki selama beberapa hari ke depan," kata Anies.

"Sesudah salat kami lalu ziarah dan zikir berdampingan bersama selama lebih dari satu jam. Ceritanya lengkapnya besok," imbuh Anies dengan emoticon senyum.


Melanjutkan kunjungan ke Turki dan menjadi kesan tersendiri ketika kunjungan ini diawali dengan bertemu dan berbincang dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, lalu bersama-sama menunaikan shalat Jumat di Masjid Ayyub al-Anshari [Eyup Sultan]. Presiden Erdogan mengajak saya shalat persis di sampingnya; saya berdiri diapit beliau dan Menteri Energi Berat Albayrak di shaf terdepan. . Masjid ini dinamai dari salah seorang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al-Ansari ra, yang juga dimakamkan di kompleks yang sama. Masjid ini dibangun tahun 1458, hanya lima tahun sesudah penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad al-Fatih. . Semoga menjadi awalan yang baik bagi berbagai agenda kunjungan di Turki selama beberapa hari ke depan. . Sesudah shalat kami lalu ziarah dan dzikir berdampingan bersama selama lebih dari satu jam. Ceritanya lengkapnya besok... :) . *ABW
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on


Anies berkunjung ke Istanbul setelah lebih dulu ke Maroko yakni ke Casablanca dan Rabat. Dalam kunjungannya ke Maroko, Anies melakoni sejumlah kegiatan dan bertemu beberapa tokoh.

Pertama memenuhi undangan Wali Kota Casablanca, Maroko, Abdelaziz El Omari, untuk berpartisipasi pada Forum “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018”. Jakarta dan Casablanca adalah sister city.

Kemudian pertemuan mendadak dengan Menteri Dalam Negeri Kerajaan Maroko dan berbincang banyak hal tentang negara hingga pendidikan. Anies juga berdiskusi dengan para pemimpin Maroko dan Casablanca.

Hingga terakhir Kamis (19/4) kemarin, Anies memberikan kuliah umum di Universitas Hassan II Casablanca di Maroko, salah satu Universitas terbesar di Maroko dengan lebih dari 24.000 mahasiswa. 

Postingan Anies tersebut sontak membuat warganet berkomentar:

lies010579 Ya Alloh... Subhanallah.. Wasyukurillah... Gubernur rasa Presiden

rani528 Masya Allah, tabarakallah pak anies. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

irasaisiyah AllohuAkbar..... sehat selalu ya pa gubernur

ikaponysiska Masya allah gubernur indonesia...

pulpulee Alhamdulillah, pemimpin yg tertukar ini mah.. Aturan dia yg presiden

yeniestyle mudah2an ketularan jd presiden y pak.. tp jgn dulu yg diperiode skrg hehe

Subscribe to receive free email updates: