Dukung Israel, Nikki Haley Minta PBB Kutuk Perlawanan Palestina

Loading...

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley meminta Dewan Keamanan PBB untuk menggelar pertemuan membahas serangan roket Palestina terhadap Israel. Dalam pernyataannya, AS meminta DK PBB untuk mengutuk aksi perlawanan Palestina tersebut.

Dewan Keamanan PBB diharapkan bertemu pada Rabu (30/05/2018) untuk membahas serangan dari Jalur Gaza yang diluncurkan Hamas dan Jihad Islam. Serangan yang berlangsung pada Selasa pagi itu telah memaksa Israel melakukan serangan udara balasan ke basis-basis dua kelompok perjuangan itu.

“Dewan Keamanan harus marah dan menanggapi serangan kekerasan terbaru yang ditujukan pada warga sipil Israel yang tidak bersalah, dan pemimpin Palestina harus bertanggung jawab atas apa yang mereka izinkan terjadi di Gaza,” ungkap Duta Besar AS Nikki Haley dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Al Arabiya.

Belum lama ini, Nikki Haley menjadi sorotan terkait pernyataan yang kontroversi. Ia menyalahkan Hamas atas tewasnya 65 warga Palestina akibat serangan Israel dalam aksi protes pemindahan Kedubes AS ke Al Quds. Sedangkan ia menutup mata terhadap tindakan anarkis militer Israel itu.

Haley terkenal karena pandangannya yang sangat anti-Palestina dan merupakan salah satu anggota pemerintahan Trump yang paling pro-Israel. Ia sangat vokal memperjuangkan Israel dalam berbagai ajang diskusi termasuk saat sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ia juga terlibat besar dalam usaha pembenaran pemindahan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Al Quds.

Serangan ini disebut-sebut merupakan perlawanan terbesar Palestina pasca 2014. Hamas dan Jihad Islam melalui sayap militer keduanya mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Keduanya sepakat melakukan perlawanan sebagai balasan atas tewasnya puluhan rakyat Palestina akibat aksi brutal Israel di perbatasan Gaza selama aksi protes penolakan pemindahan Kedubes AS ke Al Quds yang bertepatan dengan Hari Nakba. [b-islam24h.com / kiblat]

Subscribe to receive free email updates: