Mencengangkan! Ini Ide Cerdas Anies Baswedan Terkait Buka Puasa Rakyat Jakarta

Loading...
 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan gagasan yang dinilai cerdas dan mencengangkan terkait buka puasa rakyat kurang mampu di Ibu Kota.

"Ada juga ide, tolong dipikirkan. Kita perlu menyediakan buka puasa." kata Anies dalam sebuah rapat dinas.

Anies mengkritisi kebiasaan buka puasa yang hanya mengundang para tokoh masyarakat. Menurutnya, acara buka puasa bersama harus diberikan juga kepada masyarakat biasa.

"Buka puasa yang diselenggarakan biasanya ya tokoh-tokohnya. Rakyat itu butuh buka puasa." katanya melanjutkan.

Anie menggagas buka puasa bersama untuk masyarakat miskin di setiap kelurahan di seluruh Jakarta. Terkait sumber dana, lulusan Universitas Gajah Mada ini memberikan usul agar melibatkan para donatur.

"Kita menyiapkan ifthor untuk warga miskin di tiap-tiap kelurahan seluruh Jakarta. Pahalanya jangan dimonopoli sendiri. Kita umumkan, kelurahan ini membutuhkan (dana untuk) 10.000 box sekian (rupiah). Siapa yang mau ikut nyumbang? Dari sekarang diumumkan." ujarnya.

Menurut Anies, banyak masyarakat yang akan menyambut sebagai donatur jika program ini disosialisasikan kepada masyarakat dan para pengusaha.

"Kalau ditawarkan untuk memberi buka puasa, pasti banyak yang mau." tegasnya.

Buka Puasa Rakyat Setiap Hari

Dalam menyampaikan gagasannya itu, Anies meminta seluruh rekan kerjanya untuk memikirkan teknisnya. Pihaknya menyatakan akan membantu mendistribusikan setelah ketua RT dan RW menentukan siapa dan berapa jumlah rakyat yang berhak.

Program ini, lanjut Anies, jika memungkinkan dilakukan setiap hari. Tak hanya kebahagiaan, program ini juga bisa menggerakkan perekonomian rakyat.

"Kapan dillakukan? Kalau bisa tiap hari kita sediakan. Ini bisa menggerakkan warung-warung untuk menyediakan dan ini menggerakkan perekonomian." pungkasnya.



Subscribe to receive free email updates: