Solidaritas Palestina, Aktivis Susun Ribuan Sepatu di Depan Markas UE

Loading...
 Ada pemandangan tak biasa di depan kantor Dewan Uni Eropa di Brussels, ibukota Belgia, pada Senin (28/05). Halaman kantor dipenuhi dengan ribuan pasang sepatu yang dijejer rapih.

Sepatu-sepatu itu sengaja disusun oleh aktivis peduli kemanusiaan. Mereka melakukan hal itu untuk menarik perhatian pada penderitaan warga Palestina di bawah pendudukan Israel.

Aksi itu digelar di saat para menteri luar negeri Uni Eropa menggelar pertemuan. Aktivis menata sebanyak 4.000 dan 500 pasang sepatu yang dikirim oleh para donor dari seluruh Eropa ke gedung Dewan Uni Eropa di Jean-Rey Square di ibukota Belgia, Brussels.

Menurut koresponden Anatolia, para peserta yang ikut aksi bertema “Kehidupan orang Palestina adalah penting” itu meminta para pemimpin Uni Eropa untuk “mengakhiri ketidakadilan negara Israel dan melindungi hak orang Palestina untuk hidup.”

Aktivis juga menyerukan boikot terhadap Israel terhadap praktiknya terhadap rakyat Palestina.

Dalam pernyataan kepada media, aktivis Christoph Scott dari organisasi sipil Avaz mengatakan bahwa “ada pesan yang jelas dari warga di seluruh Eropa kepada pemerintah kami, bahwa kehidupan Palestina penting bagi kami, dan itu harus demikian bagi Anda.

Scott menggambarkan apa yang terjadi di Palestina sebagai “apartheid modern”, mengacu pada rezim apartheid yang berlaku di Afrika Selatan.

Menurut angka PBB, 4.500 orang Palestina telah tewas di bawah pendudukan Israel sejak perang Gaza 2008. [b-islam24h.com / kiblat]

Subscribe to receive free email updates: